Friday, February 8, 2013

Tips merawat AC mobil



Musim hujan, sangat lah berpengaruh suhu nya bagi manusia maupun lingkungan, di ruang lingkup kehidupan suhu bisa saja menentukan kondisi dan kesehatan badan. Ruangan yang suhu nya tidak sesuai dengan kebutuhan fisik manusia, bisa menyebabkan sakit, untuk di dalam ruangan terutama di dalam mobil, Air conditioner harus lebih sering di perhatikan kondisi nya ketika musim hujan seperti saat ini.

Bagi mobil yang AC-nya normal hal ini tidak menjadi masalah, tapi bagi mobil yang AC-nya rusak tentu akan menjadi problem besar yakni kaca depan berembun hingga kendaraan yang ada didepan buram dan tidak nampak. Jika Anda tidak ingin mengalami kejadian tersebut disaat sedang melakukan perjalanan, simak cara merawat AC Mobil berikut ini yang kami kutip dari metrotvnews.com.



Kerusakan AC sering terjadi pada kipas blower yang menghantarkan dingin ke kabin. Jika kipas ini sering kemasukan debu maka akan kotor dan mengganggu bagian lain seperti evaporator. Penyebabnya adalah pengguna mobil terlampau sering membuka tutup jendela padahal AC masih dinyalakan. Sebaiknya, matikan AC terlebih dahulu sebelum membuka pintu atau membuka jendela.


Agar AC tetap segar dan tidak bau sebaiknya jangan merokok saat AC dinyalakan. Sebab, zat yang terkandung dalam rokok akan menembel pada dinding atau kisi – kisi evaporator sehingga menyebabkan bau yang sulit untuk dihilangkan.
Tenang, itu baru 2 tips sederhana yang sangat mendasar bahkan orang awam pun sudah melakukan hal tersebut. Dari forum kaskus yang jadi hot thread hari ini pun sedang membahas cara merawat AC mobil yang dibuat oleh bro azlea. Penasaran? berikut adalah isi dari thread tersebut yang kami rangkum sedemikian rupa agar tidak duplicat konten.

Cara Merawat AC Mobil :


1.                              Pada intinya penyebab kerusakan AC ada dua yakni terjadi kekotoran pada kisi – kisi evaporator dan tidak adanya pergantian udara dalam kabin atau udara statis. Idealnya,  sebelum memulai perjalanan atau menggunakan mobil untuk berkendara terlebih dahulu mengganti udara didalam kabin dengan cara membuka seluruh jendela dan menyalakan blower AC, ingat blowernya saja !
2.                              Jangan menunggu AC rusak terlebih dahulu baru di bawa ke tukang servis AC, hal inilah yang nantinya malah membuat kerusakan pada AC semakin parah. Sebab, AC juga membutuhkan perawatan rutin layaknya manusia jika tidak dirawat maka komponen dan perangkat akan mudah rusak serta aus.
3.                              Idealnya, perawatan AC  dilakukan setiap 3 bulan sekali. Perawatan itu tidak mahal, tapi jika sampai rusak bisa menguras kantong.
4.                              Jika yakin bengkel langganan Anda memiliki skill yang mumpuni dalam bidang AC sebaiknya ganti juga filter dryer tiap 20rb KM atau setahun sekali. Tapi jangan sampai salah pilih tempat, sebab penggantian ini tidak dapat dilakukan pada bengkel AC mobil sembarangan.
5.                              Hal paling tepat saat melakukan perawatan adalah membawa mobil Anda langsung ke bengkel resmi. Kenapa bengkel resmi ? Karena disana memiliki tenaga dengan skill mumpuni dan berpengalaman. Rata – rata mereka sudah paham cara merawat ac mobil dari berbagai jenis, selain itu juga ditunjang dengan peralatan yang memadai.

No comments:

Post a Comment