Friday, August 2, 2013

Khasiat dan Manfaat Dari Kayu Manis

Cinnamomum burmanii yang biasa dikenal sebagai kayu manis biasanya sering digunakan oleh masyarakat sebagai bahan pelengkap dalam proses pembuatan kue atau bumbu penyedap masakan. Selain digunakan untuk pelengkap pada makanan, kayumanis juga bisa digunakan untuk pengobatan.

Di balik rasanya yang pedas, agak manis, wangi dan hangat ternyata kayu manis memiliki banyak manfaat kesehatan dan kecantikan sehingga biasanya kayu manis juga digunakan sebagai salah satu bahan dalam industri jamu.
Sebagian besar bagian dari kayu manis, yaitu daun, batang, akar dan kulit bisa dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Kayu manis diketahui mengandung bahan kimia berupa minyak atsiri, eugenol, kalsium oksalat, sinamaldehide, tanin, damar dan zat penyamak.

“The American Journal of Clinical Nutrition” mempublikasikan bahwa Dr. Joanna Hlebowicz yang merupakan seorang peneliti asal AS mengungkapkan bahwa batang kulit kayu manis mengandung insulin yang bisa membantu memperlancar proses metabolisme glukosa sehingga bisa membantu menormalisasikan kadar gula dalam darah.
Hal ini bisa dibuktikan melalui sebuah penelitian yang melibatkan 14 orang relawan kesehatan yang kadar gula darahnya diukur sebelum dan sesudah makan semangkok bubur beras.
Masing-masing relawan tersebut diuji setelah makan semangkok bubur beras dan setelah makan makanan mengandung kayu manis.

Menurut penemuan pasca pengujian darah yang diujikan pada para relawan secara berturutan selama 2 jam, bisa dibuktikan bahwa kandungan gula darah relawan mengalami penurunan setelah mengonsumsi makanan yang mengandung kayu manis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa makanan yang mengandung kayu manis sangat cocok bagi seseorang yang memiliki kadar gula darah tinggi.

Manfaat Kayu Manis

Selain itu ada sebuah penelitian lain yang menunjukkan bahwa kayu manis mengandung senyawa sinamaldehid turunan dari senyawa fenol. Senyawa sinamaldehid dalam kayu manis diketahui memiliki sifat anti-agregasi platelet dan sebagai vasodilasator secara in vitro.

Platelet sendiri adalah kolesterol yang menempel pada pembuluh darah dan agregasi (pengumpulan) platelet pada pembuluh darah yang bisa menyebabkan terjadinya pengerasan lemak mengeras pada pembuluh aerteri atau dikenal dengan istilah aterosklerosis.

Kayu manis dikenal memiliki manfaat kesehatan yang bermacam-macam karena kayu manis mengandung senyawa sinamaldehid yang bermanfaat untuk menurunkan resiko stroke dan aterosklerosis.

Selain itu selama ini kayu manis juga sering digunakan untuk membantu pengobatan Diabetes Militus (kencing manis).
Kayu manis sangat bermanfaat bagi seseorang yang memiliki kadar gula darah yang tinggi karena bisa mengontrol kadar gula darah.

Kayu manis dikenal memiliki komponen anti infeksi dan mampu mengatasi bakteri H. Pylori yang bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti maag.

Bagian batang, kulit dan akar dari kayu manis bisa digunakan sebagai bahan obat-obatan dengan berbagai manfaat seperti anti rematik, carminative (peluruh kentut), diaphoretic (peluruh keringat), istomachica (meningkatkan nafsu makan), menurunkan kolesterol, analgesik (menghilangkan rasa sakit) hingga menambah vitalitas.

Kandungan kayu manis ini juga mampu menghadirkan cara yang lebih sederhana dan aman untuk membuat nanopartikel emas.
Fungsi dari nanopartikel emas adalah untuk mendeteksi tumor, menyembuhkan berbagai penyakit seperti kanker.
Kayu manis juga dikenal bisa meringankan sakit kepala pada seseorang yang memiliki penyakit rematik, mencegah pertumbuhan sel kanker.

Kayu manis bisa membantu meringankan rasa nyeri pada saat haid karena mengandung zat besi, kalsium, mangan dan serat.
Selain bisa didapatkan dengan harga yang murah anda juga tidak akan mengalami kesulitan untuk menemukan kayu manis di pasaran. Selain itu penggunaan kayu manis sebagai bahan pengobatan relatif sangat aman dan tidak memiliki efek samping terhadap tubuh jika dibandingkan dengan berbagai obat-obatan kimia.

Manfaat lain dari kayu manis adalah sebagai obat asam urat, hipertensi (tekanan darah tinggi), radang lambung atau maag (gastritis), tidak nafsu makan, vertigo (sakit kepala), perut kembung, sakit kuning, masuk angin, diare, muntah-muntah, asma, susah buang air besar, hernia, sariwan, menyembuhkan penyakit Alzheimer, sebagai pengawet alami makanan dan lain-lain.

Luar biasa bukan manfaat nya? Namun di zaman yang berkembang seperti saat ini pengolahan kayu manis sebagai obat di ekstrak menjadi sirup yang memiliki rasa buah-buahan yang nikmat, tanpa mengurangi sedikitpun manfaat dari kayu manis. Produk sirup Cassiavera sangat di rekomnendasikan, dapatkan  di toko jual beli online bisajual.com .

No comments:

Post a Comment